Perang Saudara Honda Dan Daihatsu Saling Adu Sprint |
Jepang tak salah bila di katakan sebagai macan asia dan dunia negara yang terletak di kepulauan asia timur ini. Jepang menjadi salah satu negara termaju di kawasan benua asia dan dunia, bersama korea selatan, dan china jepang bisa menguasai pasar dunia dari berbagai produck. Salah satunya sebagai produsen otomotif terbesar dunia, Honda dan Daihatsu, kedua merek dagang ini di indonesia tak ubahnya saling perang saudara Honda dan Daihatsu saling adu sprint dalam hal jumlah angka penjualan merek produck mereka.
Untuk pangsa pasar kuartal 2015 Daihatsu berhasil menyalip Honda dengan pangsa pasar 16,36% dan pangsa
pasar Honda hanya sebesar 15,42%. Namun, pada bulan januari 2015 Honda dapat menguasai
pangsa pasar 17,89%, sedangkan Daihatsu hanya sebesar 15,43%.
Untuk kuartal pangsa pasar pada tahun 2014, Daihatsu memimpin dengan pangsa
pasar 15,33%. Honda membuntutinya dengan pangsa pasar 13,17%, untuk pangsa
pasar pada tahun – tahun sebelumnya Daihatsu juga mengungguli jumlah angka
penjualan dari Honda.
Untuk beberapa bulan terakhir ini Honda sangat agresif. Jika pangsa penjualan
Honda terus naik seperti sekarang ini, bisa jadi pangsa pasar untuk beberapa
tahun kedepan akan di kuasai oleh honda lagi.Sadar akan situasi seperti
sekarang ini,Direktur marcetyng Pt Astra
Daihatsu Motor ,pernah bilang pihak Daihatsu sendiri ingin mempertahankan
posisi seerti sekarang ini, untuk itu beliau telah mepersiapkan strategi pembaharuan untuk mobil andalannya. “kami
juga telah menambah dealer agar mudah di
jangkau konsumen”.
Perlu di ketahui , awal tahun ini 2015 Daihatsu telah melakukan penyegaran
“city car serion”. Dan rencana pihak Daihatsu pekan ini akan melakukan
penyegaran dengan meluncurkan mobil sport Utility Vehicle(SUV) New Terios.
Dengan adanya produck baru ini Daihatsu menargetkan penjualan pangsa pasar
sebesar 185.000 unit tahun ini. Andai penjualan tahun ini ama dengan pada saat
penjualan tahun kemaren berarti pihak Daihatsu membidik pangsa pasar sebesar
15%.
Sementara Honda prospek Motor(HPM) menargetkan pangsa pasar sebesar dalam
penjualan sebesar 170.000 unit tahun ini.”kami targetkan pangsa pasar
14,2%. Untuk menghadapi Daihatsu HPM
telah meluncurkan produck baru ,yakni HR-V dan New CR-V. Selain itu HPM gencar
menambah dealer. Jika tahun lalu ada sekitar 102 dealer ,tahun ini kami tambah
lagi menjadi 195-200 dealer kata marcetyng and aftersales servise motor HPM.
0 komentar :
Posting Komentar